preloader

Persiapan Jadi Mahasiswa Hukum, Apa Aja Ya? Cek 5 Hal Ini!

Hai, kamu lagi siap-siap kuliah di Jurusan Hukum ya? Atau cuman ingin tau persiapan apa aja yang harus dilakukan kalau mau jadi mahasiswa Jurusan Hukum? Kalau jawaban kamu “iya”, maka jangan skip artikel ini! Karena kamu akan menemukan semua yang kamu ingin ketahui seputar persiapan menjadi mahasiswa Jurusan Hukum setelah membaca isi artikel ini sampai akhir.

Jurusan Hukum memang menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati. Nah, kamu harus mengetahui semua seluk-beluk jurusan ini agar kamu tidak menemukan kendala yang berarti ketika menjalani hari-hari sebagai mahasiswa Jurusan Hukum. So, berikut ini beberapa persiapan yang harus kamu lakukan jika kamu ingin kuliah di Jurusan Hukum.

Persiapan Menjadi Mahasiswa Jurusan Hukum

1. Melatih kebiasaan membaca

Kebiasaan membaca adalah hal yang sangat penting kamu miliki jika ingin berkuliah di jurusan apapun, begitu pula jurusan hukum. Ada begitu banyak teori-teori ilmu hukum dan aturan perundang-undangan yang harus kamu ketahui dengan baik, bukan sekedar definisi ya, tetapi historis dan filosofisnya juga wajib kamu pahami.

Hal seperti ini mungkin akan terasa menjadi beban bagi kamu yang pada dasarnya tidak suka membaca. Namun, kalau kamu serius ingin kuliah di Jurusan Hukum, hal ini tidak bisa ditawar. Segera bangun kebiasaan membaca dalam dirimu, kemudian belajar memahami dan mendalami apa yang kamu baca karena hal tersebut sangat membantumu selama menjalani perkuliahan. Terlebih lagi ketika kamu sudah menjalani karier profesional nantinya, entah sebagai pengacara, hakim, jaksa, atau profesi di bidang hukum lainnya. Kebiasaan membaca ini harus tetap melekat bahkan harus ditingkatkan karena informasi dari waktu ke waktu selalu ada pembaharuan.

2. Update isu-isu penting tentang hukum

Isu-isu terkait hukum sebenarnya ada di sekitar kita sehari-hari. Coba saja kamu membaca koran, majalah, atau situs berita, kamu akan mudah menemukan berita atau artikel tentang peristiwa yang mengandung aspek hukum. Begitu pula jika kamu menonton TV atau film, bisa jadi ceritanya punya keterkaitan dengan hukum. Dari sini, bisa jadi kamu mulai tertarik dengan isu hukum dan mulai timbul pertanyaan-pertanyaan lanjutan.

Sebagai mahasiswa hukum, berbagai informasi dan peristiwa yang berhubungan dengan hukum tersebut penting untuk kamu ikuti. Hal tersebut akan membantumu ketika menjalani perkuliahan atau ketika diskusi di kelas bahkan ketika lulus dan menjalani karier profesional.

Dengan berbekal pengetahuan isu-isu hukum yang kekinian, kamu tidak akan canggung dalam mengutarakan pendapat ketika diskusi bahkan debat di kelas. Hmm, ternyata manfaatnya banyak banget ya ketika calon mahasiswa jurusan hukum itu rajin membaca dan mengikuti update isu-isu penting seputar dunia hukum?

3. Mengasah kemampuan berpikir kritis

Dalam mempersiapkan diri menjadi mahasiswa Jurusan Hukum, tidak boleh ketinggalan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis ya! Ini penting banget dan kamu akan merasakannya ketika menjalani kuliah. Dalam perkuliahan, kamu akan diminta untuk menganalisis kasus atau masalah, di mana kemampuan untuk memetakan masalah menjadi hal yang krusial. Kemampuan memetakan masalah ini yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk bisa melihat dan mengkaji suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang dan untuk memiliki kemampuan tersebut, kamu harus memiliki referensi yang banyak juga. Nah, lagi-lagi kebiasaan membaca juga diperlukan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis.

4. Meningkatkan kemampuan analisis

Setelah membaca poin sebelumnya tentang berpikir kritis, selanjutnya buah dari pemikiran yang kritis itu perlu dibedah dan dianalisis untuk mengerucutkan sekian banyak sudut pandang yang melatarbelakangi pemikiran tersebut. Selain itu, ada banyak hal dalam teori hukum hingga peraturan perundang-undangan yang memerlukan analisis lebih jauh. Kalau kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk memetakan masalah dari berbagai sudut pandang, maka kemampuan menganalisis adalah kemampuan untuk mengurai masalah dan mencari solusinya.

Kemampuan analisis akan teruji ketika kita menghadapi suatu permasalahan atau kasus. Biasanya ada banyak “jebakan” yang sangat memungkinkan kamu salah dalam mengambil kesimpulan. Jebakan yang dimaksud adalah suatu kondisi dalam rangkaian peristiwa yang dapat menggiring kita kepada suatu kesimpulan yang keliru, sehingga salah dalam menentukan keputusan. Itu sebabnya kamu harus memaksimalkan kemampuan tersebut!

5. Melatih kemampuan public speaking

Kamu bingung nggak sih, kenapa harus melatih kemampuan public speaking kalau mau kuliah Jurusan Hukum? Pada poin ini, kita hanya ingin mempertegas bahwa kemampuan presentasi dan berargumen di depan orang akan sangat membantu ketika kuliah di Jurusan Hukum, sebab pada umumnya isi perkuliahan di jurusan ini tidak terlepas dari kedua hal tersebut. Hampir di setiap mata kuliah kamu akan mendapat kesempatan untuk melakukan diskusi kelompok, lalu memberikan argumen terhadap suatu opini atau peristiwa yang pastinya harus berdasar ya, bukan argumen yang ngasal. Selain itu, masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya yang mengharuskanmu memiliki kemampuan public speaking yang baik. Kemampuan ini tentunya juga penting ketika kamu menjalani profesi hukum nantinya. Nah, untuk itu kamu sudah harus mempersiapkan dari sekarang nih, agar nantinya kamu bisa menjalani kuliah tanpa kendala yang berarti.

Jadi, sudah cukup jelas ya tentang hal apa saya yang harus kamu persiapkan untuk kuliah di Jurusan Hukum? Untuk mengantarkanmu menjadi seorang pegiat hukum yang andal, tentunya sangat penting memilih tempat kuliah yang pas! Nah, pilihan yang paling tepat untukmu saat ini adalah Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera. Kampus ini berdiri pada tahun 2011 dan diisi oleh dosen-dosen yang sudah berpengalaman di bidang hukum. Di STH Indonesia Jentera, kamu bisa memaksimalkan semua potensi yang kamu miliki untuk menjadi praktisi hukum yang memiliki integritas tinggi dan ditunjang dengan metode belajar blended learning sehingga mahasiswa dapat belajar dari mana saja secara fleksibel.

Kemudian mahasiswa STH Indonesia Jentera juga selalu didorong untuk mengembangkan ilmunya dan aktif berkontribusi kepada masyarakat serta upaya pembaruan hukum di tanah air. Dan yang tidak kalah penting adalah kamu bisa mengikuti program magang di firma-firma hukum terkemuka di Indonesia dan lembaga-lembaga lainnya yang berhubungan dengan kajian hukum. Intinya, STH Indonesia Jentera akan membentukmu menjadi praktisi hukum yang siap pakai dan mampu berkontribusi dalam upaya pembaharuan dan penegakan hukum di Indonesia. Jadi, kamu sudah siap menjadi pembaharu hukum dan berkontribusi pada bidang hukum di Indonesia?