preloader

Belajar di Rumah Saja : Cek Tipsnya Agar Lebih Efektif

Selama pandemi Covid-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk membatasi segala kegiatan, tak terkecuali bagi para pelajar dan mahasiswa. Proses pembelajaran di sekolah maupun perkuliahan harus dilakukan secara online demi mencegah penyebaran Covid-19.

Situasi belajar di rumah saja atau daring, menuntut kamu harus pandai-pandai mengelola waktu. Sekalipun, waktu belajar menjadi lebih fleksibel dan sesuka hati, tetapi tetap saja, perlu berbagai cara agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif bukan?

Tak sedikit perguruan tinggi yang telah menyiapkan secara matang sistem belajar di rumah saja atau online learning, salah satunya adalah Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera.

STH Indonesia Jentera menerapkan metode blended learning. Metode ini menggabungkan perkuliahan online dengan tatap muka di kelas, sehingga proses belajar tidak lagi harus terkendala waktu dan jarak. Metode blended learning sangat efektif untuk perkuliahan di era new normal, sebab lebih interaktif dibandingkan sistem belajar online pada umumnya.

Cara Belajar Efektif di Rumah

Namun, calon maba perlu tahu, beberapa masalah bisa muncul saat belajar di rumah secara online, lho. Wah, apa saja ya? Lalu, gimana cara mengatasinya? Nah, gak perlu khawatir, ayo kita cek beberapa tips untuk mengatasi problem yang mungkin muncul saat belajar online:

  1. Perlu break sejenak

Berjam-jam menghadapi laptop atau layar smartphone, sudah pasti bikin jenuh. Nggak cuma belajar di kampus aja yang butuh jam istirahat. Sewaktu belajar di rumah, kamu juga perlu time off atau break sejenak.

Kamu bisa melakukan aktivitas yang bikin rileks, seperti mendengarkan musik, makan camilan favorit, atau minum teh hijau hangat. Namun ingat, jangan sampai kebablasan atau terlalu lama bersantai, sebab kamu harus manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

  1. Pilih tempat yang nyaman

Tak bisa dipungkiri, kalau belajar di rumah saja, tentunya bakal banyak gangguan. Entah itu dari saudara, tetangga, suara bising dari luar rumah, dan sebagainya. Kuncinya hanya satu, kamu harus menciptakan area belajar yang nyaman.

Cobalah memilih kamar yang setidaknya tenang dan nyaman untuk belajar secara online. Rapikan kamar, siapkan meja belajar khusus, posisikan meja belajar dengan baik, atur suhu ruangan yang ideal, dan pastikan pencahayaannya memadai. Bilang ke keluarga di rumah, kalau kamu sedang belajar atau kuliah secara online agar mereka juga bisa mendukung prosesnya.

  1. Jaga pola tidur

Ingat-ingat lagi, kenapa ya kamu jadi gampang ngantuk? Apakah karena hobimu nonton drama Korea secara maraton sampai larut malam? Atau kamu hobi makan sampai kekenyangan?

Sebaiknya, atur lagi pola tidur yang berkualitas 7-8 jam agar kamu lebih segar dan fokus saat belajar. Atau, ketika rasa kantuk menyerang, kamu bisa mandi, mencuci muka, atau menyiapkan secangkir kopi untuk mengembalikan semangat.

  1. Memperdalam pemahaman lewat kelas tatap muka

Para pelajar dan mahasiswa kerap kurang memahami pelajaran saat belajar di rumah saja. Apalagi, mahasiswa yang harus mempelajari teori atau program studi cukup rumit.

Namun, dengan metode blended learning yang diterapkan di STH Indonesia Jentera,  yang menggunakan berbagai alat belajar, seperti podcast, video, dan medium lainnya memungkinkan kamu mengatur kecepatan belajar, sehingga tidak perlu khawatir tertinggal dari teman-teman yang lain. Waktu tatap muka juga dapat kamu manfaatkan untuk memperdalam, mengklarifikasi, dan mempertajam pemahaman yang didapat sebelumnya.

  1. Atur waktu belajar

Wah, kalau soal kurang disiplin, pastinya kamu sendiri yang bisa mengatasinya. Sebab, perlu kesadaran diri sendiri agar kamu bisa lebih cerdas mengelola waktu dalam setiap aktivitas.

Kalau kamu kesulitan mengatur waktu, minta bantuan orang terdekat, seperti orang tua atau saudara untuk mengingatkan jadwal belajar. Kamu juga bisa membuat jadwal rutinitas di smartphone yang bisa menyala sebagai reminder (pengingat). Nyalakan bunyi alarm agar kamu bisa langsung ingat ketika waktu belajar tiba.

Itu dia beberapa cara mengatasi masalah yang sering muncul agar bisa tetap efektif belajar di rumah. Kamu harus siap beradaptasi dengan cara belajar online, sebab selama pandemi Covid-19 metode ini akan terus diterapkan.

Nah, membahas soal belajar online, kampus yang menerapkan metode blended learning seperti STH Indonesia Jentera bisa kamu jadikan pilihan untuk kuliah di era new normal ini. Kamu bisa memilih tiga program studi peminatan yaitu Hukum Bisnis, Hukum Pidana, serta Hukum Konstitusi & Legiprudensi.

Ketiga program studi ini akan diajarkan dengan metode blended learning. Cocok banget buat kamu yang baru lulus SMA, karyawan, atau masyarakat umum lainnya yang ingin model perkuliahan fleksibel. Info selengkapnya, pastikan kamu kunjungi website STH Indonesia Jentera ya. Semoga informasinya bermanfaat!