preloader

Rizky Argama

Rizky Argama

Ketua Bidang Studi Dasar-Dasar Ilmu Hukum
Pengajar Tetap Program Peminatan Dasar-Dasar Ilmu Hukum
rizky.argama@jentera.ac.id

Profil

Rizky Argama (Gama) merupakan pengajar dan Ketua Bidang Studi Dasar-dasar Ilmu Hukum Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera. Ia meraih gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 2007, dan menyelesaikan studi Master of Laws di The University of Melbourne pada 2014 dengan dukungan beasiswa Australia Development Scholarship.

Selain mengajar, Gama terlibat dalam berbagai program riset dan advokasi terkait hukum dan kebijakan publik. Salah satu riset terbarunya adalah pemetaan permasalahan reformasi regulasi di Indonesia yang dilaksanakan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas RI). Sejak 2019, ia juga menjalankan peran sebagai Direktur Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Penelitian PSHK. Ia merupakan fasilitator berpengalaman pada pelatihan perancangan peraturan, dengan rentang peserta mulai dari mahasiswa hukum hingga anggota parlemen.

Gama memfokuskan minatnya pada bidang hukum tata negara, terutama pada topik-topik terkait reformasi regulasi, perancangan peraturan, kebebasan berserikat, serta hukum dan organisasi nirlaba. Selain itu, ia juga memiliki minat pada kajian seputar kebijakan pengendalian tembakau.

Pendidikan

  • Sarjana Hukum (S.H.) – Universitas Indonesia (2006)
  • Master of Laws (LL.M) – The University of Melbourne, Australia (2014)

Publikasi

Constitutional amendment: why now?

Over the past few months, senior lawmakers have been pushing…