Erni Setyowati

 

Erni merupakan pengajar dan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Organisasi di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera. Ia menyelesaikan program Magister Hukum di Universitas Indonesia pada 2008. Sebelumnya, ia memperoleh gelar Sarjana Hukum dari tempat yang sama pada 2000.

Sejak 2000, Erni menjadi peneliti tetap di Pusat Studi Hukum & Kebijakan Indonesia (PSHK) dan pernah menjabat sebagai Direktur Program PSHK selama dua tahun sejak 2006—2008. Ia terlibat dalam berbagai program dukungan teknis untuk beberapa lembaga negara, seperti Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat, Kementerian Pendidikan dan Dasar dan Menengah, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Badan Pembinaan Hukum Nasional, serta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Selain itu, Erni juga merupakan anggota tim penyusun kurikulum Mahkamah Agung untuk sertifikasi hakim mediator di pengadilan. Pelatihan perancangan peraturan merupakan bidang yang sering Erni lakukan.

Bukan hanya sebagai penulis di beberapa modul, ia juga pemateri di berbagai pelatihan. Selain itu, ia menaruh perhatian pada desentralisasi dan pendidikan hukum, termasuk metode pembelajaran di bidang ilmu hukum. Oleh karena itu, dalam beberapa kesempatan, ia memberikan pelatihan tentang metode knowledge sharing.

Berbagai kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Erni membuatnya memiliki keahlian dalam membahas hukum tata negara, desentralisasi, dan ilmu perundang-undangan. Selain itu, Erni juga ahli dalam bidang pendidikan hukum dan metode belajar yang telah ia kembangkan melalui berbagai kegiatan pelatihan dan fasilitasi.

 

Pendidikan:

Sarjana Hukum (S.H.) – Universitas Indonesia (2000)
Magister Hukum (M.H.) – Universitas Indonesia (2008)