preloader

5 Kelebihan Jurusan Hukum yang Perlu Kamu Ketahui

Kelebihan jurusan hukum salah satu fakta yang nggak bisa dipungkiri tentang Jurusan Hukum adalah selalu menjadi jurusan favorit dari tahun ke tahun. Kalau berdasarkan data jurusan yang paling banyak diminati pada SBMPTN 2020 yang dirilis oleh LTMPT, maka ilmu hukum berada di posisi pertama dan disusul oleh Jurusan Manajemen di posisi kedua.

Sebenarnya nggak ada yang aneh sih kalau Jurusan Hukum selalu banyak peminatnya dari waktu ke waktu karena ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan, entah itu selama menjalani perkuliahan ataupun setelah lulus dari Jurusan Hukum yang mana beberapa di antaranya akan kita bahas dalam artikel ini.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, langsung aja ya kita bahas beberapa kelebihan Jurusan Hukum yang perlu kamu ketahui.

1. Prospek kerja sangat luas

Selama ini yang kita pahami, lulusan Jurusan Hukum selalu identik dengan profesi advokat, hakim, dan jaksa. Pokoknya kalau pilih kuliah hukum ya ujung-ujungnya hanya akan memilih ketiga profesi tersebut. Hmm, padahal sebenarnya ada banyak banget profesi yang membutuhkan seorang sarjana hukum. Selain ketiga profesi yang sudah disebutkan sebelumnya, seorang sarjana hukum masih memiliki pilihan-pilihan karier lainnya seperti notaris, staf legal di perusahaan (inhouse counsel), staf hukum di kementerian, bagian personalia atau HRD, legal and risk management, dan kurator.

Mungkin masih ada profesi-profesi lainnya yang belum dituliskan dalam artikel ini, tapi yang perlu dipahami adalah setelah lulus dari Jurusan Hukum, kamu memiliki prospek kerja yang sangat luas. So, jangan hanya terkungkung pada pilihan profesi yang itu-itu aja!

2. Banyak karakter positif yang akan terbentuk

Mempelajari hukum tentunya tidak hanya berdampak pada bertambahnya pengetahuan tentang ilmu hukum, tetapi juga membuat kita terbiasa untuk melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang yang berbeda dan juga melihat kaitannya dengan bidang ilmu lainnya. Hal ini membuat seorang pembelajar hukum dapat memahami permasalahan secara utuh dan bersikap lebih terbuka untuk melihat pandangan atau perspektif yang berbeda. Dengan demikian, seorang pembelajar hukum seharusnya memiliki karakter yang terbuka, kritis, dan mampu menyediakan berbagai alternatif solusi.

3. Pilihan kampus yang menyediakan Jurusan Hukum sangat banyak

Kalau diperhatikan, emang banyak banget sih kampus yang menyediakan Fakultas Hukum, pokoknya kalau mau kuliah Jurusan Hukum nggak begitu sulitlah untuk nemuin kampusnya. Namun, pastinya tiap-tiap kampus punya kualitas dan karakter yang berbeda-beda dong!
Hampir semua kampus memiliki Fakultas Hukum, dan salah satu kampus yang konsisten dengan pengembangan ilmu hukum adalah Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera.

Salah satu keunggulan STH Indonesia Jentera adalah program magang. Jadi, kamu akan difasilitasi untuk magang dengan institusi-institusi hukum terkemuka. Kampus ini telah bekerja sama dengan 12 lembaga dan firma hukum terkemuka di Indonesia, termasuk Lubis Ganie Surowidjojo (LGS) Law Firm, Danny Darussalam Tax Center (DDTC), Assegaf Hamzah & Partners (AHP) Law Firm, Badan Pengawas Pemilu, hukumonline.com, dan lembaga-lembaga lainnya.

4. Menolong banyak orang

Manfaat yang keempat ini pastinya menjadi cita-cita banyak orang yang ingin kuliah di Jurusan Hukum dan mungkin kamu juga salah satunya. Ini sebenarnya sangat penting, karena sangat banyak fakta ketidakadilan yang kita temui di tengah-tengah masyarakat. Bagi masyarakat yang tidak memahami ilmu hukum akan sangat mudah dipermainkan oleh pihak lain yang lebih menguasai seluk beluk hukum dan disitulah lahirnya bibit ketidakadilan, bahkan bisa menjadi kriminalisasi. Hal itulah yang selayaknya menjadi motivasi bagi calon maba baru yang ingin kuliah di Jurusan Hukum, yaitu mewujudkan keadilan di Republik Indonesia. Semangat ya!

5. Menjadi lebih percaya diri dan komunikatif

Kuliah di Jurusan Hukum akan memaksamu untuk terbiasa dalam memberikan argumen dan berkomunikasi dengan banyak orang. Hal ini tidak terlepas dari bagian dari proses pembelajaran yang harus kamu lalui karena aktivitas profesional yang akan kamu jalani nantinya mengharuskanmu untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Coba deh cek kembali poin 1 tentang prospek karier yang bisa kamu pilih setelah lulus dari Jurusan Hukum. Semua pilihan tersebut menuntut kamu untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga kepercayaan diri yang baik bukan?

Wahh, ternyata banyak juga ya kelebihan yang ditawarkan dengan kuliah di Jurusan Hukum? Dengan mengetahui semua hal tersebut, setidaknya sekarang kamu memiliki alasan yang jelas jika ditanyakan alasan memilih kuliah di Jurusan Hukum dan nggak ada lagi tuh jawaban memilih jurusan karena ikut-ikutan sama teman atau cuman karena disuruh orang tua.

So, kalau kamu masih mencari tahu kampus yang pas untuk kamu mendalami ilmu hukum, kamu bisa memilih bergabung bersama STH Indonesia Jentera. Sekalipun kampus ini belum begitu lama berdiri, tetapi kampus ini sangat spesial karena para pengajarnya merupakan para akademisi dan praktisi hukum terkemuka di Indonesia.

Selain didukung tenaga pengajar yang keren abis, STH Indonesia Jentera juga menerapkan metode belajar yang asyik dan beragam sehingga kamu nggak bakalan merasa boring dalam belajar. Nah, karena itulah metode belajar menjadi hal yang sangat serius untuk dikembangkan di kampus ini. Kamu bakalan asyik dengan beberapa metode belajar seperti diskusi, studi kasus, games online, presentasi, role play, kunjungan, dan proyek. Pokoknya dijamin asyik banget deh!