preloader

Giri Ahmad Taufik

Giri Ahmad Taufik

Wakil Ketua Bidang Akademik
Pengajar Tetap Bidang Studi Konstitusi dan Legisprudensi
giri.taufik@jentera.ac.id

Profil

Giri adalah salah satu pengajar dan Wakil Akademik dan Penelitian di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera. Ia meraih gelar sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran pada 2005, kemudian ia menyelesaikan program di The University of Melbourne, Australia, pada 2010. Pada 2020, Giri berhasil meraih gelar doktor dari Griffith University, Australia.

Selain mengajar di Jentera, Giri merupakan salah satu peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK). Sebelumnya, Giri merupakan asisten staf pengajar di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, bagian Hukum Tata Negara.

Aktif melakukan penelitian dan advokasi, Giri mengkhususkan perhatiannya pada hak asasi manusia, hukum tata negara, dan politik hukum. Ia sudah menuliskan beberapa artikel terkait itu yang disebarluaskan melalui media massa tingkat nasional. Selain itu, ia aktif menjadi pemateri di beberapa pelatihan perancangan peraturan perundang-undangan yang diberikan kepada anggota parlemen, pemerintah, masyarakat sipil, dan pihak swasta.

Pendidikan

  • Sarjana Hukum (S.H.) – Universitas Padjadjaran (2005)
  • Master of Laws (LL.M.) – The University of Melbourne, Australia (2010)
  • Doktor (Ph.D.) – Griffith University, Australia (2020)