preloader

Fritz Edward Siregar

Fritz Edward Siregar

fritz.siregar@jentera.ac.id

Profil

Fritz pernah menjadi Anggota Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia periode 2017-2022. Sebelumnya, selain mengajar ia juga merupakan Ketua Unit Akreditasi dan Penjaminan Mutu di Jentera. Fritz meraih gelar doktor dari Universitas New South Wales, Australia pada 2016. Sebelumnya, ia memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 2000 dan Master of Laws dari Erasmus University of Rotterdam, Belanda pada 2002.

Selama 2004—2009, Fritz menjadi bagian dari generasi pendiri Mahkamah Konstitusi Indonesia sebagai Asisten Hakim Maruarar Siahaan. Ia juga terpilih sebagai orang asing pertama yang bekerja sebagai intern Associate di High Court of Australia pada 2006. Sebelum melanjutkan studi doktoralnya, Fritz bekerja pada Proyek International Monetary Fund (IMF) untuk melaksanakan program reformasi hukum di Indonesia. Sebagai penerima Australian Leadership Award pada 2011, penelitian doktoral Fritz fokus pada perilaku peradilan dan judicialisation dari Mahkamah Konstitusi Indonesia.

Dengan pengalaman kerjanya di Mahkamah Konstitusi, Fritz mendalami bidang peradilan konstitusi, judicial review, judicial politics, dan judicial behavior. Berkat menjalani berbagai macam penelitian, Fritz pun mendalami bidang pemerintahan daerah, sengketa hasil penghitungan suara (pilkada), serta monitoring dan evaluasi.

Pendidikan

  • Sarjana Hukum (S.H.) – Universitas Indonesia (2000)
  • Master of Laws (LL.M.) – Erasmus School of Law, Belanda (2002)
  • Juridicae Scientiae Doctor (J.S.D.) – University of New South Wales, Australia