Opium Online: Objektivitas Tuntutan Jaksa dalam Kasus Penyerangan Novel Baswedan

Penuntut Umum mengajukan tuntutan 1 tahun penjara terhadap pelaku penyerangan Novel Baswedan. Alasan yang digunakan untuk menjustifikasi tuntutan tersebut adalah pelaku dianggap tidak pernah berniat melukai mata Novel dan hanya ingin melakukan penyiraman terhadap badan Novel. Ringannya tuntutan ini membuat publik bertanya-tanya terhadap keseriusan pengungkapan kasus yang dialami Novel Baswedan.

Di sisi lain, Penuntut Umum juga bersikeras tidak menuntut pelaku dengan penganiayaan berat sesuai Pasal 355 KUHP. Selanjutnya, Jaksa lantas berpendapat pelaku penyerangan tersebut terbukti melakukan penganiayaan dengan rencana yang mengakibatkan luka berat seperti yang diatur dalam Pasal 353 ayat (2) KUHP.

Pada bagian lainnya, status pelaku penyerangan sebagai polisi aktif dan status Novel sebagai korban terus diperbincangkan dalam kasus ini. Tuntutan 1 tahun penjara yang diajukan Penuntut Umum dalam kasus ini menjadi dipertanyakan objektivitasnya.

Apakah logika yang demikian dibenarkan dalam sistem peradilan pidana Indonesia? Bagaimana sebenarnya proses penyusunan tuntutan pidana yang selama ini dipraktikkan di Indonesia? Bagaimana pengadilan seharusnya merespon hal tersebut?

Untuk membahas hal-hal tersebut, Bidang Studi Hukum Pidana Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera mengadakan Obrolan Puri Imperium (OPIUM) Online dengan tema Objektivitas Tuntutan Jaksa dalam Kasus Penyerangan Novel Baswedan dengan pembicara:

  1. Estu Dyah Arifianti (Peneliti PSHK & Pengajar STH Indonesia Jentera) mengenai Konsep Penganiayaan dalam Hukum Pidana
  2. Ichsan Zikry (Pengajar STH Indonesia Jentera) mengenai Penyusunan Tuntutan dalam Kasus Penyerangan Novel Baswedan
  3. M. Tanziel Aziezi (Peneliti LeIP & Pengajar STH Indonesia Jentera) mengenai Kemandirian Hakim dalam mempertimbangkan Tuntutan Pidana

Moderator:
Sri Bayuningsih Praptadina (Pengajar STH Indonesia Jentera)

Diskusi OPIUM tersebut akan diselenggarakan pada:

Hari & Tanggal  : Sabtu, 13 Juni 2020
Pukul                    : 16.00-18.00 WIB
Tempat                 : Zoom Meeting (Link & password akan diinformasikan melalui email setelah melakukan registrasi) atau melalui Youtube: Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera

Pendaftaran dapat dilalukan melalui tautan bit.ly/opium-novel. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Lovina di lovina@jentera.ac.id