Kabar

Bincang Jentera Online: Menjaga Mental Tetap Sehat di Tengah Pandemi untuk Mahasiswa Rantau

Posted by on 17/04/2020 in Kegiatan

Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera menyelenggarakan Bincang Jentera Online bertajuk “Menjaga Mental Tetap Sehat di Tengah Pandemi untuk Mahasiswa Rantau” pada Rabu (15/4/2020) melalui platform zoom. Hadir sebagai narasumber dalam diskusi tersebut Maria Puspita, Psikolog Mitra Yayasan Pulih, dan Yogi Prastia, Mahasiswa STH Indonesia Jentera, sebagai moderator.

Penyelenggaraan diskusi ini dilatarbelakangi oleh pandemi Covid-19 yang belum dapat diprediksi kapan berakhirnya dan imbasnya terhadap kesehatan mental terutama untuk mahasiswa perantau. Seperti diketahui, pandemi ini memaksa kita untuk melakukan physical distancing hingga berdiam diri di tempat tinggal masing-masing apabila tidak ada keperluan yang mendesak. Di beberapa daerah bahkan telah ditetapkan status Pembatasan Sosisal Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran pandemi. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap pelajar atau mahasiswa yang tinggal jauh dari rumah atau merantau.

Maria menjelaskan terdapat beberapa situasi yang kini dihadapi oleh mahasiswa perantau di tengah pandemi; jauh dari keluarga, ruang gerak lebih terbatas, akses akan kebutuhan sehari-hari terbatas, dan menghadapi dilema untuk memilih pulang kampung atau tidak. Karena situasi tersebut, tidak jarang mahasiswa perantau kemudian mulai merasakan kecemasan dan ketakutan yang berakibat pada terganggunya aktivitas sehari-hari.

Maria berpandangan bahwa di situasi sekarang, menjadi wajar apabila mahasiswa perantau, atau bahkan kita secara umum, merasakan cemas dan takut. Ia kemudian berpendapat bahwa kita perlu untuk mencari tahu sebab dan mengontrol pikiran negatif tersebut, agar tidak kemudian menganggu aktivitas dan produktifitas sehari-hari.

Maria juga menambahkan terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengontrol pikiran negatif dan beradaptasi dengan situasi sekarang. Hal tersebut tentu dimulai dengan menjaga kesehatan fisik, yakni dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker apabila diharuskan beraktivitas di luar, menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan olahraga teratur.

Selain itu kita juga perlu untuk menjaga kesehatan mental yang sangat memiliki pengaruh terhadap imun tubuh. Kesehatan mental dapat dijaga dengan tetap menjalin relasi dengan keluarga dan teman, beraktivitas yang menyenangkan seperti menjalankan hobi, hingga membatasi diri dari berita yang destruktif. Maria juga menyinggung beberapa aktivitas psikologis yang dapat kita lakukan agar tetap menjaga kesehatan mental seperti relaksasi, menyampaikan kalimat afirmatif untuk diri sendiri, dan berkonsultasi dengan ahli apabila diperlukan.

 

Kabar

Podcast Bincang Jentera Episode 3: Sepak Bola Indonesia, Masih Ada Harapan?

Sepakbola Indonesia tidak hanya dapat dinikmati dari permainan dan kompetisinya. Lebih luas dari itu, juga […]

Meneropong Persaingan Usaha Sektor E-Commerce di tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang mewabah ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, kemudian banyak merubah pola kehidupan. Salah […]

Menakar Praktik Pembentukan Undang-Undang dan Tindakan Pemerintah Yang Melawan Putusan Pengadilan

Pemerintah dalam beberapa kesempatan melakukan tindakan yang melanggar putusan pengadilan baik dalam bentuk regulasi dan […]

Ulang Tahun ke-9, Jentera Luncurkan Podcast Bincang Jentera

Pada 1 Juli 2011, Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera didirikan oleh beberapa akademisi dan […]

Objektivitas Tuntutan Jaksa dalam Kasus Penyerangan Novel Baswedan

Penuntut Umum mengajukan tuntutan 1 tahun penjara terhadap pelaku penyerangan Novel Baswedan. Alasan yang digunakan […]

Aksi Mahasiswa Hukum Melawan Covid-19

Pelaksanaan anjuran untuk jaga jarak fisik atau physical distancing merupakan suatu upaya untuk memutus rantai […]

Mitigasi Risiko dan Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19 di Lingkungan Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera

Menimbang masih tingginya angka kasus penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia serta memperhatikan Keputusan Gubernur DKI […]

Kepengurusan Baru BEM dan BPM STH Indonesia Jentera Tahun 2020-2021

Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia […]