Beasiswa Munir Said Thalib

Jentera membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pegiat Civil Society Organization (CSO) untuk menempuh pendidikan melalui Beasiswa Munir Said Thalib. Beasiswa ini meliputi seluruh biaya kuliah selama 8 (delapan) semester (terdiri dari biaya masuk/pangkal, biaya semester, dan biaya SKS) serta biaya hidup bagi mahasiswa yang berasal dari luar Jabodetabek.

Pemilihan Munir Said Thalib sebagai nama beasiswa merupakan semangat untuk meneruskan nilai-nilai perjuangan yang yang selama hidupnya ditunjukkan oleh almarhum yakni cerdas, berani, idealis, dan rendah hati.

Metode Perkuliahan

Pendidikan hukum di Jentera ditempuh menggunakan metode belajar blended learning, yakni metode yang menggabungkan antara perkuliahan online dan tatap muka. Dalam perkuliahan blended learning, sebanyak 71 SKS akan diberikan secara online dan 73 SKS secara tatap muka. Proses belajar dalam satu semester dilakukan selama 16 minggu, termasuk Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester (UAS). Perkuliahan online dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, sementara kelas tatap muka berlangsung pada hari kerja pukul 17.00-21.00 WIB.

Informasi mengenai metode blended learning dapat diakses di sini

Persyaratan Beasiswa Munir Said Thalib  2020

    1. Warga Negara Indonesia (WNI).
    2. Sudah bekerja selama minimal 2 (dua) tahun di sektor masyarakat sipil.
    3. Dinominasikan oleh lembaga tempat bekerja. Apabila tidak bekerja tetap, referensi dapat diberikan oleh organisasi masyarakat sipil yang pernah bekerja dengan Anda.
    4. Bersedia mengikuti pembelajaran menggunakan metode blended learning.
    5. Lolos seleksi administrasi, tulis dan wawancara.
    6. Membuat 1 (satu) buah esai maksimal 500 (lima ratus) kata.

Esai Anda harus memuat:

    1. Mengapa saya ingin menempuh pendidikan hukum?; dan
    2. Apa yang akan saya lakukan setelah menjadi Sarjana Hukum?

Dokumen yang dibutuhkan

    1. Mengisi formulir pendaftaran online.
    2. Formulir nominasi dari lembaga tempat bekerja. Formulir dapat diunduh di sini.
    3. Surat referensi dari orang yang dapat memberi keterangan mengenai pengalaman, kegiatan atau capaian Anda selama ini (misal, pimpinan lembaga atau pihak yang pernah bekerja dengan Anda). Surat referensi dapat diunduh di sini.
    4. Scan ijazah SMA/sederajat yang dilegalisir..
    5. Curriculum Vitae (CV) terbaru.
    6. Scan KTP/ identitas lainnya.
    7. Surat kesediaan mengikuti program blended learning. Surat dapat diunduh di sini
    8. Pasfoto berwarna.

Ketentuan penyerahan dokumen
Anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir secara online. Apabila mengalami kendala dalam melakukan pendaftaran, dapat menghubungi Astria di nomor 021-8302070, 0811-977-2070 (SMS/WA), atau melalui email ke pmb@jentera.ac.id.